Solidaritas Indonesia terhadap Warga Gaza: Jokowi Pastikan Pengiriman Bantuan Melalui Udara

Liputan6.com, Jakarta – Indonesia, sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim terbesar di dunia, telah lama menunjukkan solidaritasnya terhadap bangsa Palestina dan perjuangan mereka untuk mendapatkan kemerdekaan dan keadilan.

Konflik yang terus berlanjut di Gaza telah menimbulkan penderitaan yang tak terbayangkan bagi warga sipil, termasuk anak-anak, perempuan, dan orang tua.

Dalam situasi ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tegas menyatakan bahwa Indonesia akan segera mengirimkan bantuan kepada warga Gaza melalui jalur udara.

“Keputusan ini diambil untuk memastikan bantuan dapat tiba dengan cepat dan efisien, mengingat kondisi yang darurat dan kebutuhan mendesak yang dihadapi oleh warga Gaza,” ujar Jokowi usai meninjau proses simulasi penyaluran bantuan kemanusiaan via udara di Pangkalan TNI AU Iswahjudi Magetan, Jawa Timur, Jumat (8/3/2024).

Jokowi menegaskan bahwa pengiriman bantuan melalui udara akan mempercepat proses distribusi dan memastikan bantuan mencapai tujuan dengan aman.

“Hal ini juga akan membantu menghindari hambatan dan kendala yang mungkin terjadi di perbatasan dan pelabuhan yang saat ini sulit diakses akibat konflik yang terus berlanjut,” jelas Jokowi.

Indonesia telah lama berkomitmen untuk memberikan bantuan kepada warga Palestina, baik dalam bentuk kemanusiaan maupun pembangunan.

Seperti diketahui, melalui berbagai program, Indonesia telah memberikan dukungan dalam bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan pembangunan ekonomi, dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup dan memperkuat kemandirian rakyat Palestina.

Dalam konteks konflik di Gaza, Indonesia telah menjadi salah satu negara yang paling vokal dalam mengecam tindakan kekerasan dan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh pihak-pihak yang terlibat.

Indonesia juga secara aktif mendukung upaya perdamaian dan penyelesaian konflik yang berkelanjutan di Palestina.

 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *