Yusril dan Tito Dinilai Cocok Jadi Menko Polhukam jika Mahfud Md Mundur

Liputan6.com, Jakarta Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, menilai Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra, berpeluang menduduki kursi Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) jika Mahfud Md mengundurkan diri.

Yusril secara pengalamannya dinilai mampu mengatasi persoalan polhukam.

Yusril Ihza Mahendra saat ini juga tergabung dalam struktur Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran dengan posisi Wakil Ketua Dewan Pengarah.

“Situasi saat ini, ada nama Yusril Ihza Mahendra. Dia punya peluang karena ada dalam koalisi Prabowo-Gibran, juga dari sisi kapasitas dianggap mampu,” kata Dedi lewat pesan tertulis, Kamis (25/1/2024).

Selain itu, bisa saja terjadi rotasi di mana Presiden Jokowi menunjuk Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto atau Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk menggantikan Mahfud Md.

“Tito termasuk tokoh dekat dengan Jokowi dan kapasitasnya terkait polhukam juga tidak diragukan lagi,” ucap Dedi.

Dedi menilai, pada situasi politik saat ini, peluang tokoh profesional untuk menggantikan Mahfud Md tidak memungkinkan. Namun, jika kalangan profesional masuk dipastikan bakal beradaptasi mengikuti kekuasaan.

“Situasi saat ini tidak memungkinkan tokoh profesional masuk, keterlibatan Presiden dalam politik praktis begitu kental, sehingga tokoh profesional sekalipun saat bergabung ke pemerintah akan dengan sendirinya beradaptasi mengikuti kemauan kekuasaan,” kata Dedi.

“Meskipun dari sisi ideal harusnya tokoh profesional, dan dua nama yang saya sebut masuk kategori tokoh profesional,” pungkasnya.

Kabar mundurnya Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Polhukam sepertinya hanya menunggu hitungan waktu. Di depan wartawan, Mahfud menyatakan di saat yang tepat akan mengajukan pengunduran diri secara baik-baik.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Bertemu Jokowi, Xanana Gusmao Harap Pemilu di Indonesia Berjalan Sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *