Beban Jakarta Berat, Yang Pelat B kan Jabodetabek

Tak Berkategori

Rabu, 9 Agustus 2023 – 05:40 WIB

Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan Ibu Kota memiliki beban berat dalam mengatasi kualitas udara yang semakin memburuk. Ia juga meminta wilayah kota penyangga yang berada di sekitarnya turut membantu mengurangi polusi udara tersebut. 

Baca Juga :

Soroti Polusi Udara Jakarta, Ketua DPRD DKI: Ini Kabut Penyakit, Cucu Saya Kena

Heru mengatakan, mengatasi indeks kualitas udara atau pencemaran tidak bisa hanya dilakukan DKI sendiri, namun perlu adanya sinergi dari wilayah Jabodebek untuk mengatasi kondisi tersebut. 

“Jadi memang beban Jakarta berat, tapi tidak mengurangi tanggung jawab Pemerintah Provinsi [Pemprov] DKI Jakarta. Kami juga berharap teman-teman Jabodebek saling bersinergi,” kata Heru Budi dalam diskusi Forum Mereka Barat 9 secara virtual, Selasa, 8 Agustus 2023.

Baca Juga :

Udara Segar di Dalam Rumah, Ini 6 Tips Efektif Menjaga Lingkungan Bebas Polusi

Kondisi udara di Jakarta yang penuh polusi. (Ilustrasi)

Kondisi udara di Jakarta yang penuh polusi. (Ilustrasi)

Sementara itu, sinergi yang dapat dilakukan untuk mengurangi polusi udara salah satunya dengan cara mengurangi jumlah kendaraan konvensional. Pasalnya, jumlah kendaraan roda dua dan roda empat yang memasuki Kota Jakarta bertambah banyak.

Baca Juga :

Tangsel Masuk Daftar Kualitas Udara Buruk, Kasus ISPA Meningkat Capai 29 Ribu

Heru menyebut selama satu tahun terakhir, kendaraan roda empat meningkat dari 4 juta menjadi 6 juta. Begitu juga dengan roda dua dari 14 juta menjadi 16 juta. “Yang berplat B itu kan Jabodetabek, dan hampir semua masuk ke Jakarta,” ucap dia.

Halaman Selanjutnya

Sejauh ini beberapa strategi yang telah dilakukan Pemprov DKI dalam mengatasi kualitas udara Jakarta buruk salah satunya adalah dengan menambah kendaraan bus konvensional menjadi bus listrik.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *