Hasil Liga 1: Persija Jakarta vs Arema FC 2-2, Gustavo Almeida Buat 2 Gol Selamatkan Singo Edan dari Kekalahan

Tak Berkategori

Losergeek.org.CO, Jakarta – Pertarungan Persija Jakarta vs Arema FC pada pekan kesembilan Liga 1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu, 20 Agustus 2023, berakhir dengan skor 2-2. 

Arema FC bermain menekan di awal laga. Saat pertandingan memasuki menit ketiga, tim berjuluk Singo Edan memberikan ancaman di lini pertahanan Persija. Namun, upaya mereka untuk menjebol gawang Andritany Adhiyasa bisa digagalkan. 

Macan Kemayoran mencetak gol lebih dulu pada menit ke-23 dari serangan cepat. Riko Simanjuntak yang berada di sayap kiri meneruskan bola yang diterimanya ke Ryo Matsumura yang bergerak ke depan gawang. Dengan cerdik, Ryo kemudian mengumpan ke Maciej Jacek Gajos dan diselesaikan dengan baik. 

Pemain Persija Maciej Gajos. Twitter/Persija

Pada menit ke-38, Persija kebobolan. Langkah Andritany meninggalkan gawang untuk menghentikan Gustavo Almeida tetapi gagal, menjadi malapetaka bagi Macan Kemayoran. Penyerang Arema FC itu dengan leluasa mampu mencetak gol penyama kedudukan setelah berhasil melewati hadangan bek tim tuan rumah. 

Gustavo menjadi penyerang berbahaya Arema FC. Golnya ke Persija itu menjadi gol kesembilan yang dia cetak di Liga 1 musim ini. Penyerang asal Brasil, 27 tahun, itu kini menduduki daftar teratas top skor sementara kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia.

Mendekati babak pertama berakhir, duel Persija vs Arema semakin sengit. Intensitas serangan dari kedua kesebelasan meningkat. Pada menit ke-42, Witan Sulaeman nyaris membawa timnya kembali unggul. Namun, bola sepakan kaki kirinya masih melenceng. 

Pada tambahan waktu babak pertama, kiper Andritany melakukan kesalahan sama. Dia keluar dari gawangnya untuk menghentikan laju pergerakan Gustavo, tetapi gagal. Kali ini, gawangnya terselamatkan dari kebobolan berkat aksi penyelamatan yang dilakukan bek Rizky Ridho. 

Pemain Persija Hanif Sjahbandi. Twitter/Persija

Hanif Sjahbandi membawa Persija unggul pada tambahan menit kedua di babak pertama. Tanpa kawalan, Hanif mampu meneruskan umpan yang dikirim Gajos ke depan gawang dengan sundulan. Tetapi, saat itu, kiper Julian Garcia berhasil menghalau bola yang mengarah ke gawangnya. Di momen itu, mantan pemain Arema FC itu dengan cepat menyambar bola rebound untuk membawa Macan Kemayoran kembali unggul. Tidak ada selebrasi yang dilakukan Hanif setelah mencetak gol ke Arema.

Persija harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Firza Andika dikeluarkan dari lapangan setelah mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-51. Dengan kurangnya jumlah pemain, pelatih Thomas Doll melakukan pergantian pemain. Dia menarik Ryo Matsumura dan memasukkan Dony Tri Pamungkas. 

Persija Jakarta vs Arema FC. Twitter/Arema FC

Iklan

Meski kalah dalam jumlah pemain, Persija tetap bisa memberikan ancaman kepada Arema. Pada menit ke-60, Akbar Arjunsyah memiliki kesempatan emas untuk memperbesar keunggulan. Pemain yang masuk di awal babak kedua menggantikan Syahrian Abimanyu mampu menyundul bola umpan dari Riko Simanjuntak. Namun, bola sundulannya masih melambung di atas mistar gawang. 

Pelatih Thomas Doll kembali memasukkan pemain baru pada menit ke-66. Dia menarik keluar Riko Simanjuntak digantikan dengan Aji Kusuma yang memiliki kecepatan.

Di kubu Arema FC, pelatih Kuncoro melakukan sejumlah pemain untuk mengejar ketertinggalan. Dia memasukkan Rifad Marasabessy dan Flabio Soares menggantikan Bagas Adi Nugroho dan Ariel Lucero pada menit ke-56. Berikutnya, dia menarik Dedik Setiawan untuk digantikan Charles Lokolingoy pada menit ke-71 berbarengan dengan masuknya Bayu Aji menggantikan Syaeful Anwar.

Perubahan strategi yang dilakukan Kuncoro untuk bisa membawa timnya mencetak gol dengan memasukkan pemain baru, belum membuahkan hasil hingga mendekati menit-menit akhir. Bahkan, Persija tetap mampu memberikan ancaman berbahaya ke lini pertahanan timnya. 

Pada menit ke-85, Kuncoro memasukkan Greg Nwokolo. Pemain veteran yang pernah memperkuat Persija ini menggantikan Charles Almeida. Masuknya Greg memberikan dampak terhadap serangan Singo Edan. 

Gol yang diutunggu Arema FC terjadi pada menit ke-88. Gustavo mencetak gol keduanya berkat kerja sama yang apik dengan Greg. Pemain Brasil ini langsung bergerak ke depan gawang setelah menerima umpan dari belakang. Ia sempat mengumpan ke Greg saat bergerak ke depan, dan kembali menerima bola dari rekannya itu untuk diselesaikan dengan baik. Kedudukan berubah menjadi 2-2.

Pada tambahan waktu, duel Persija vs Arema semakin ketat. Kedua tim sama-sama berupaya mencetak gol ketiga untuk bisa memenangi laga. Masuknya Marko Simic menggantikan Hanif pada menit ke-90+1′ menambah amunisi serangan Macan Kemayoran. Namun, tidak ada tambahan gol hingga pertandingan berakhir.

Dengan hasil ini Persija Jakarta kini menempati peringkat kesembilan di klasemen sementara Liga 1 dengan 13 poin. Sementara, Arema FC masih terbenam di dasar klasemen dengan hanya mengemas tiga poin dari sembilan laga. 

Arema FC di bawah Kuncoro yang menggantikan Joko Susilo belum mampu membawa Singo Edan meraih kemenangan. Ini adalah laga kedua baginya. Sebelumnya, tim asuhannya kalah 0-1 dari RANS Nusantara FC. 

Setelah pertandingan ini, Persija Jakarta bertanding menghadapi Dewa United dalam laga tandang untuk pekan ke-10 Liga 1 pada Jumat, 25 Agustus 2023. Sedangkan, Arema FC akan menjamu Persikabo 1073 pada Minggu, 27 Agustus 2023.

Pilihan Editor: 8 Fakta Menarik Soal Lionel Messi yang Berhasil Membawa Inter Miami Juarai Piala Liga



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *